REFLEKSI

Saat diam dan berpikir seperti ini, yang saya rasakan seperti lidah sudah tidak berasa tapi masih ingin merokok, dan niat untuk berhenti tinggallah niat yang hanya berputar-putar dikepala. Hingga terbersitlah tulisan ini.

Saat dimana hanya bisa menunggu hingga tiba waktunya eksistensi diri harus teruji dan kemandirian akhirnya sedikit bisa dijalankan. Seperti ada tarikan gravitasi tapi membuat kita hanya bisa berdiam diri.

Cita-cita saya adalah tatkala umur masih muda (di bawah 40 tahun)  mengambil  beban-beban  berat  kehidupan. Ibarat menggendong beban, gendonglah yang berat-berat ketika badan masih kuat dan sehat. Hingga pada saatnya badan sudah tidak sekuat itu, tinggallah beban-beban yang sudah ringan, badan sudah mulai berbau minyak kayu putih, pikiran mulai ringan dan mulai bercengkrama dengan getaran-getaran doa.

Saya ingin melihat refleksi diri saya secepatnya, mungkin melalui pertanda-pertanda yang ada. Meskipun sekarang sudah ada secercah pertanda atau cahaya yang datang dari orang-orang dekat saya.

Sebenarnya refleksi diri bisa dilihat dari keadaan sosial disekitar kita, ataupun ditempat yang baru kita datangi. Orang-orang metropolitan, pedagang asongan di kereta, nelayan di danau, atau di suatu pemukiman dengan budaya khusus.

Semua pada intinya adalah ingin berusaha keras di waktu muda, dengan gambaran-gambaran yang terlihat untuk menentukan jalannya, dan kemudian menua dengan indah.

Grow Younger Live Longer” – Deepak Chopra

 “Yang tersisa hanya dahaga untuk mencinta” – St. Theresia

“Semua ada putaran waktunya seiring dengan semesta manua, tetap tenang asalakan bekerja, berusaha, berdoa tetap menjadi menu-menu keseharian. Hingga di umur tua  hanya keikhlasan yang membahagiakan sekaligus membebaskan”.

2 thoughts on “REFLEKSI

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s