Kita Versus Korupsi di Teater Salahari

Adanya acara ini saya dapatkan info dari teman melalui twitter. Memang sebelumnya sudah penasaran dengan film Kita VS Korupsi ini dan mencoba browsing siapa tahu ada yang sudah upload, tapi ternyata memang bukan film komersil karena artisnya juga tidak mau dibayar jadi tidak ada. Jika ingin nonton bareng bisa menghubungi pihak KPK atau Transparency International Indonesia (TII)

Film ini terdiri dari empat film pendek berdurasi kira-kira 15 menit berjudul Rumah Perkara, Aku Padamu, Selamat Siang Risa, dan Sssttt Jangan Bilang Siapa-siapa.

Filmnya ibarat suatu realita yang di buat fiksi, kira-kira seperti itu, film Ssstt Jangan Bilang Siapa-siapa boleh dibilang ide ceritanya diambil dari pengalaman pribadi sang produser sewaktu SMP. Favorit saya adalah Selamat Siang Risa karena menurut saya ini yang paling menyentuh, dengan aktor Tora Sudiro, dan Aku Padamu karena yang paling keren dan kocak ceritanya, pemainnya adalah Nicholas Saputra dan Revalina. Tapi secara keseluruhan keempat film dalam K vs K sangat berkesan, menyuguhkan nilai tentang tanggung jawab, efforts, dan dedikasi.

Di bagian film Selamat Siang Risa terdapat kutipan bahwa “kebaikan akan melahirkan kebaikan berikutnya”, sama seperti yang sudah pernah saya bahas di tulisan sebelumnya bahwa juga kebohongan akan melahirkan kebohongan berikutnya, dan gunting atau pemutusnya adalah kebaikan itu sendiri. Kapan? tidak ada yang tahu, karena hanya waktu yang bisa bayar.

Korupsi secara teknis tidak melulu menuntut untuk menghukum mati pelakunya, karena KPK hanya yang menjalankan UU, sedangkan UU dibuat oleh wakil rakyat (DPR) dan kembali wakil rakyat dipilih oleh rakyat sendiri. Dalam diskusi film ini diberitahukan bahwa pemberantasan korupsi dimulai dari hal kecil, karena sesuatu yang besar dimulai dari yang kecil (ada di bagian film Aku Padamu)

Kesimpulan yang saya tangkap dari persamaan di keempat film tersebut adalah kebaikan tersebut diawali dari dedikasi terhadap tanggung jawab mulai yang kecil dan efforts kita untuk tetap survive di kondisi tersulit sekalipun.

“If you want to do right thing, lets do it right way”

~Nicholas Saputra di Aku Padamu~

Trailer K vs K, check this out….

EFEK RUMAH KACA

Leave a Reply

