Sudut-Sudut Gunung Kidul

Air terjun Slempret atau biasa terkenal air terjun sri gethuk, bisa menjadi pilihan tempat penyegaran yang murah. Air terjun yang terletak di wonosari yogyakarta bisa ditempuh kurang lebih satu jam dari prambanan arah Ratu Boko melewati jalan aspal pegunungan dengan liku yang seru menurut saya.

Biaya untuk masuk tempat ini cukup murah, hanya 7000 rupiah, dapat satu paket air terjun, gua rancang kencono dan parkir seadanya tentunya.

Dari tempat untuk menaru kendaraan sampai ke air terjun tidaklah jauh, kalian bisa memilih 2 jalan, bisa lewat sungai dengan menumpang perhu/gethek motor dengan biaya 7,500 rupiah, atau berjalan kaki melewati pematang-pematang sawah.

Air terjun yang katanya mirip Green Canyon, karena memang ada aliran sungai dengan tebing kanan kirinya, dan airnya yang hijau saat musim kemarau (pada saat saya kesana mungkin namanya lebih mirip Brown Canyon hehehe…) termasuk baru dikenal  sudah cukup ramai oleh pengunjung terutama pada hari libur, bersama keluarga, atau sekumpulan anak muda.

Rekreasi yang sederhana hanya sekedar untuk melepas penat.

Hari yang sudah sore hampir menjelang maghrib, menjadi tak sempat untuk saya berkunjung di Gua Rancang Kencono. Gua yang menurut sejarah pernah digunakan untuk prajurit Mataram menyusun strategi dalam menghadapi penjajah, Gua yang menurut cerita terhubung dengan salah satu candi di Yogayakarata, tetapi ditutup oleh instrumen gamelan gaib oleh penunggu daerah tersebut, karena memang mitosnya adalah sekitar air terjun ini ada orkes gamelan gaib.

 (Gambar dari Google)

Pulang dari air terjun dengan jalan kaki, bisa ditempuh 10-15 menit melewati pematang sawah, menuju tempat parkir.

Sekembalinya dari tempat tersebut, jika sudah lewat petang, bisa mampir sejenak untuk melihat lampu-lampu kota jogja melalui Bukit Bintang orang menyebutnya.

(Gambar dari Google)

“Penyegaran melalui alam, seringkali membuat saya menemukan keseimbangan”.

2 thoughts on “Sudut-Sudut Gunung Kidul

Leave a Reply

