Karena Saya Suka Karya Seni Masa Lalu (Kerkhof Laan)

Kali ini saya hanya akan sedikit bercerita. Diawali dengan niat iseng mencari suasana berbau kolonial, saya pun memutuskan ke Kerkhof Laan atau yang sekarang bernama Museum Taman Prasasti. di Jl. Tanah Abang No. 1, Jakarta Pusat

Bermodal Rp2.000 saya masuk tempat yang menurut saya indah, berisi karya seni pematung jaman dulu, nisa-nisan kompeni. Ada makam istri Thomas Stamfford Raffles, Olivia Marianne Raffles, kereta jenazah kuno, serta peti jenazah Bung Karno dan Bung Hatta yang belum sempat saya lihat karena ruangannya sedang tidak di buka (mungkin hanya dibuka jika ramai pengunjung). Dengan kemampuan seadanya, jeprat-jepret sana-sini selama berjam-jam.

Tapi saya menemukan sesuatu, tempat dimana dulu Hok Gie bersemayam. Setelah sebelumnya berjumpa dengan memoriam Hok Gie di puncak Mahameru.


Suasana yang sepi membuat saya khusyuk menikmati tempat ini.

Selanjutnya biarkan jepretan-jepretan saya pada karya seni masa lalu ini yang akan mewakili saya bercerita secara panjang lebar……

Di Taman Ini Terlukis

Peristiwa Sepanjang Masa

Dari Goresan Prasasti

Mereka Yang Pergi

Disini Pula Tertanam Kehijauan

Yang Kita Dambakan

“Makhluk kecil kembalilah dari tiada ke tiada. Berbahagialah dalam ketiadaanmu”.

-Soe Hok Gie-

Leave a Reply

