Punya Kita Yang Istimewa: Tahu… Tempe…!!

Hari ini ada yang cukup menarik bagi saya di koran Kompas, disisipan Kehidupan. Di rubrik musik kali ini menyajikan artikel yang berjudul Lagu Jelata: “Tahu… Tempe…!!”

Lagu Tahu Tempe yang dipopulerkan oleh Oslan Hussein (Alm) pada awal era 1960-an, yang katanya mulai terdengar lagi di tv dan radio (saya jarang nonton tv dan dengerin radio di kontrakan), berkaitan dengan naiknya harga kedelai dan aksi pemogokan para pembuat tempe.

Sumber Gambar: Google

Hal yang menarik lagi bagi saya adalah album ini mendapat restu dari Bung Karno untuk beredar dan ada tanda tangan langsung dari Bung Karno, ya mungkin karena tema dan konten dari lagunya yang dekat dengan rakyat.

Ada istilah bangsa tempe, diartikan bahwa tempe adalah makanan kelas bawah. Tapi tempe yang sudah sangat lekat sebagai lauk rakyat Indonesia kaya akan kandungan manfaat. Kalau Indonesia disebut bangsa tempe, mungkin lebih tepatnya karena tidak dapat mencapai kedaulatan pangan, jangankan kedaulatan pangan, kedaulatan kedelai sebagai bahan baku tempe saja gagal.

Bahan baku kita impor, tapi tahu dan tempe sendiri tetap dekat dengan rakyat kita, bisa dibilang sudah menjadi makanan keseharian kita. Tempe dan tahu kita buat dan kita kemas/bungkus sendiri, atau mungkin bangsa ini adalah bangsa bungkus, karena sedang populer pencitraan sana sini, apalagi dari pemimpin sekarang, (hehehehe… hanya selingan)

Mari kita dengar saja Si tahu tempe dalam lirik lagu Oslan Hussein

Sumber Gambar: Google

“Indonesia dengan rakyatnya tidak akan lapar karena Indonesia banyak makanan”

-Bung Karno-

Semoga semua lapisan rakyat bangsa ini dapat memahami dan berbagi, ya Bung?

Saya suka tempe, bulan puasa ini hidangan pertama berbuka saya kerpakali hanya ada mendoan (curhat hhe…). Tapi yang saya ambil adalah puasa bulan ini ingin belajar tentang Apa Adanya dan tidak Mengada-ada. Amin

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s