Perubahan

Tanggal 21 Februari 2013

Bulan lalu saya resmi meninggalkan dunia mahasiswa.  Masa yang seharusnya lebih nenyenangkan dari pada yang baru saja saya tinggalkan. Buku, pesta dan cinta, yang entah kemana perginya si pesta, mungkin di tendang oleh si buku karena terlalu terkungkung oleh status yang mau tidak mau harus dipertahankan.

Dunia yang kemarin seharusnya bebas diisi dengan pergumulan layaknya obrolan di gardu, atau di warung kopi, dimana kita seperti orang abnormal yang sok-sok sedang memanggul dunia dipundak kita, atau menggenggam seluruh alam semesta sampai kita sesak nafas, tanpa narsis tentunya karena saya sendiri gerah jika keabnormalan itu menjadi sesuatu yang serius bagi seseorang dan harus dia pamerkan di dunia manapun. Kini semua itu akan terlihat tolol jika kita tidak bisa meneliti gejala dalam diri sendiri.

Kata orang perubahan hampir selalu dimulai oleh mahasiswa dimanapun itu, agent of change. Tapi kata orang dari pojok sejarah, si sejarah terlalu besar untuk di otak-atik/perubahan, tapi generasi mutahir itu tidak mustahil untuk menelorkan sebuah perubahan melalui proses mengolah sikap, generasi itu akan mampu berbuat sesuatu untuk perubahan jika berhasil mengatasi akibat-akibat sejarah dalam dirinya dan jika berhasil menemukan watak.

Ya… sikap dan watak.

Sebenarnya generasiku ini dan semua generasi mampu melakukkannya, karena baik mahasiswa, cendekiawan, seniman,kernet,  buruh, direktur hanyalah status sekunder, yang primer adalah status sebagai manusia . Tak jadi soal, selama mereka bisa beriringan dengan kenyataan dirinya maupun disekitarnya, bisa mengukur keharusan dalam ber-empan papan dengan realitas.

Perubahan adalah pasti untuk kemajuan siapapun.  Pengolahan sikap yang diperlukan, untuk menentukan watak si kemajuan yang tepat

Perubahan yang sehat bukanlah perubahan dari stereotip yang satu ke stereotip yang lain”

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s