Pikiran

” Hati-hati dalam berpikir, karena akan menjadi ucapan, kemudian akan menjadi tindakan, yang membentuk suatu karakter dan kebudayaan, jika berlangsung lama akan menjadi peradaban”.

Emha Ainun Najib, pada Kenduri Cinta “Asongan Akherat”, 08 Maret 2013.

Kalimat ini yang paling saya ingat dari pertemuan KC jumat sampai sabtu jam 3 pagi kemarin. Sebenarnya malam itu agak aneh, karena semua yang diucapkan EAN hampir persis dengan apa yang berputar-putar dipikiran saya di malam sebelumnya, tentang sejarah, menemukan yang primer dan sekunder, juga sedikit hal lain. Mungkin kebetulan, atau perasaan saya saja, atau entahlah…..

Potongan kalimat EAN yang paling saya ingat tadi tentang pikiran, karakter dan budaya secara langsung saya lihat dan mungkin juga saya alami dalam lingkungan civitas akademika yang pernah saya geluti. Dalam lingkungan tersebut terjadi sebuah pembentukan budaya yang dibilang sesat dan ingin diganti perilaku budaya baru, tapi pada semua jalannya budaya baru yang ingin dibentuk selalu menabrak budaya sesat tersebut, karena budaya baru yang ingin dibentuk menghasilkan keadaan yang terus mengalami degredasi, dan akhirnya mulai ada pengakuan bahwa semua yang dilakukan dalam budaya sesat tersebut adalah budaya yang sesungguhnya benar.

Jika ditarik kebelakang, si budaya “sesat” ini dihasilkan dari pemikiran yang sehat tanpa maksud terselubung selain bentuk dari dharmabakti untuk menghasilkan karakter mencapai perubahan demi membentuk watak “kemajuan”, sedangkan si budaya satunya mencoba menggeser budaya “sesat” dimulai dari pikiran yang tidak waras, melalui perilaku yang coba menciptakan intrik dan gosip.

Semoga momentum yang sedang tercipta ini mampu mengantarkan institusi pada peradaban yang sehat, terutama untuk manusia-manusia yang sedang mencari pembelajaran di dalamnya, sehingga menemukan kesejatian masing-masing maupun secara universal.

Leave a Reply

